LAB IP UNTIRTA


LABORATORIUM ILMU PEMERINTAHAN (LAB IP) FISIP UNTIRTA

Laboratorium Ilmu Pemerintahan (Lab IP) merupakan institusi yang berada dibawah naungan Program Studi Ilmu Pemerintahan. Lab IP resmi didirikan pada tahun 2016 melalui SK Dekan FISIP Nomor 069/UN.43.6/SK/2016. Tujuan pendirian Lab IP adalah sebagai institusi pendukung bagi terlaksananya fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagaimana yang tergambarkan dalam VISI dan Misi Prodi Ilmu Pemerintahan. Karena itu, tugas dan fungsi Lab IP tidak lepas dari pernanan dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian.  Ruang Lab IP sendiri berada di Gedung D Lantai 2 Kampus Untirta.
Lab IP dikelola tidak hanya oleh Dosen di lingkungan Prodi Ilmu Pemerintahan melainkan juga melibatkan mahasiswa sebagai laboran. Di tahun 2018 ini terdapat 15 mahasiswa yang terlibat dalam mengelola Lab IP. Mahasiswa tersebut merupakan hasil seleksi dari proses rekrutment tahunan Lab IP. Adapun kegiatan Lab IP saat ini berfokus pada kajian berbasis mata kuliah yang disesuaikan dengan perkembangan isu-isu dan keilmuan termutakhir. Selain kajian, Lab IP juga memliki agenda kegiatan pengabdian ke masyarakat sebagai bentuk implementasi nilai-nilai keilmuan yang telah dipelajari perkuliahan. Di samping itu Lab IP juga membantu dan menunjang terlaksananya kegiatan akademik Prodi Ilmu Pemerintahan seperti mengadakan seminar, dialog publik, pelatihan dan lainnya.





Lab IP terdapat fasilitas perpustakaan Lab yang memiliki berbagai buku dan refensi bacaan terkait politik pemerintahan. Buku dan referensi tersebut dapat diakses atau dipinjam oleh seluruh mahasiswa Ilmu Pemerintahan dengan syarat membawa kartu KTM untuk diserahkan kepada Laboran Mahasiswa yang bertugas. Untuk koleksi buku yang tersedia di Perpustakaan Lab IP dapat diakses pada laman berikut:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar