Bumi Manusia di Desa Gampong



Tempat ini dijadikan sebagai salah satu lokasi utama dalam pengambilan syuting Film Bumi Manusia yang tidak lama lagi akan tayang di Bioskop Indonesia.
Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini mengadopsi cerita dari Novel yang juga berjudul Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.
Pram, begitu akrab disapa, merupakan novelis ternama dan berpengaruh di masanya, yang banyak menulis novel yang sebagian besar bercerita tentang kehidupan rakyat Indonesia dalam berjuang mempertahankan hidup ditengah setting sosial dan politik yang penuh ketidakpastian.
Rakyat kerap terjebak dalam kubangan penindasan, keterpinggiran, dan kemiskinan tatkala harus berhadapan dengan rezim kolonial hingga orde baru yang sama-sama penghisap. Karena itu, meski kemerdekaan sudah dikumandangkan, tetapi kehidupan nyata rakyat selalu bersebrangan dengan apa yang diharapkan. Rakyat tidak benar-benar berada dalam hidup yang bebas dan mencapai pada titik self determination.
Merespon hal ini, Pram pernah berkata:
"Masa terbaik dalam hidup seseorang adalah masa ia dapat menggunakan kebebasan yang telah direbutnya sendiri." @ Desa Wisata Gamplong


Tidak ada komentar:

Posting Komentar